Senin, 25 Agustus 2008

Curriculum Vitae

Khotibul Umam, S.H sedang menyelesaikan S2 Magister Ilmu Hukum UGM, aktif sebagai asisten dosen FH UGM, peneliti dan kontributor pada lembaga Pusat Khasanah Hukum dan Praktik Ekonomi Syariah (www.sharialearn.com).

Pengalaman Mengikuti Training/Seminar/Workshop di bidang Ekonomi Syariah:

1. Workshop, Upaya Pemberdayaan Filantropi dan Keuangan Publik Islam Dalam Masyarakat Kontemporer, yang diselenggarakan oleh Pusat Konsultasi dan Bantuan Hukum Islam bekerjasama dengan Prodi Ekonomi Islam Fakultas Ilmu Agama Islam, Universitas Islam Indonesia,Yogyakarta, 19 Maret 2008.

2. Pelatihan Pembuatan Kontrak Perbankan Syariah (Mudharabah & Murabahah), yang diselenggarakan oleh Bagian Hukum Islam FH UGM dan Magister Kenotariatan FH UGM (Ruang Multimedia FH UGM, 20 Januari 2007).

3. Pelatihan Aspek Legal Perbankan Syariah, yang diselenggarakan oleh Bagian Hukum Islam FH UGM dan Magister Kenotariatan FH UGM (Ruang Multimedia FH UGM, 26 Agustus 2006).

4. Pelatihan Nasional: Pembuatan Kontrak dalam Praktek Perbankan Syari’ah, yang diselenggarakan atas kerjasama BASYARNAS DIY-BANK INDONESIA-STEI YOGYAKARTA-UAD-UII-UMY (Hotel LPP Yogyakarta, 20-21 Mei 2006).

Penyuntingan dan Editing Buku-Buku Hukum Ekonomi Syariah, yang telah terbit yaitu:

1. Pokok-Pokok Hukum Perjanjian Islam di Indonesia (Citra Media, Yogyakarta: 2006)

2. Peradilan Agama Pasca UU No. 3 Tahun 2006: Sejarah, Kedudukan, dan Kewenangan (UII Press, Yogyakarta: 2007)

3. Perbankan Syariah di Indonesia (Gadjah Mada University Press, Yogyakarta: 2007)

4. Payung Hukum Perbankan Syariah: UU Bidang Perbankan, Fatwa DSN-MUI, dan Peraturan Bank Indonesia (UII Press, Yogyakarta: 2007)

5. Asuransi Syariah di Indonesia: Regulasi dan Operasionalisasinya di dalam Kerangka Hukum Positif di Indonesia (UII Press, Yogyakarta: 2007)

6. Hukum Islam Dinamika dan Perkembangannya di Indonesia (Kreasi Total Media, Yogyakarta: 2008)

7. Tanya Jawab Perbankan Syariah (UII Press, Yogyakarta: 2008)

8. Kapita Selekta Perbankan Syariah (UII Press, Yogyakarta: 2008)

Artikel/Karya Ilmiah

1. Eksistensi Perbankan Syariah dalam Sistem Perbankan Ganda (Dual Banking System) di Indonesia (Karya Tulis untuk Lomba Karya Tulis Perbankan Syariah Dalam Rangka Milad Ke-7 BNI Syariah, 2007).

2. Implementasi Prinsip Good Corporate Governance Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Kepercayaan Masyarakat Terhadap Perbankan Syariah (Artikel untuk Lomba Penulisan Artikel Perbankan Syariah Mahasiswa se-Jawa yang diselenggarakan oleh Bank Indonesia, Semarang, 2007).

3. Optimalisasi Peranan Perbankan Syariah Dalam Pembiayaan Produktif Bagi Sektor Usaha Kecil-Menengah (Artikel untuk Lomba Penulisan Artikel Perbankan Syariah Mahasiswa se-Jawa yang diselenggarakan oleh Bank Indonesia, Semarang, 2007).

4. Urgensi Amandemen Terhadap UU No. 2 Tahun 1992 Tentang Usaha Perasuransian Dalam Rangka Akselerasi Perkembangan Bisnis Asuransi Umum Syariah di Indonesia (Lomba Karya Tulis HUT ke-40 BUMIDA BUMIPUTERA, 2007).

5. Catatan Kritis Terhadap PBI No. 8/5/PBI/2006 tentang Mediasi Perbankan Sebagai Alternatif Penyelesaian Sengketa dan Rekomendasinya (Lomba Penulisan Artikel Mediasi Perbankan yang diselenggarakan oleh Bank Indonesia dan Majalah InfoBank, 2008).

6. Implementasi Prinsip Syariah Dalam Kegiatan Pembiayaan Konsumen (Studi Kasus FIF Syariah, Yogyakarta)-Paper Kuliah Magister Ilmu Hukum FH UGM.

Tidak ada komentar: