Kamis, 11 September 2008

Tips dalam Berdoa

Kita terkadang mau protes sama Tuhan, kenapa sih kita yang rajin berdoa kok malah kualitas hidup kita kalah dengan yang lain yang "tidak pernah" berdoa, apa yang salah dengan semua ini?

Doa adalah permohonan kepada Tuhan yang pada dasarnya pasti dikabulkan. Hal ini adalah janji Allah: "Berdoalah kepadaku maka niscaya akan Aku penuhi doamu itu"
Hal ini mungkin disebabkan oleh suatu keadaan hati dan pikiran yang tidak yakin terhadap apa yang kita minta. Mulut memang meminta sesuatu, tetapi hati berkata ah itu tidak mungkin. Maka yang dikabulkan adalah yang tidak mungkin itu sehingga kita pun tidak mendapatkannya. Jadi Allah akan mengabulkan apa yang benar-benar diyakini dan menjadi fokus dalam hati seorang hamba-Nya.

Dalam bukunya Quantum Ikhlas, Erbe Sentanu memberikan 3 kata kunci untuk suksesnya sebuah doa, yaitu: permintaan, keyakinan, dan sikap menerima. Penjelasannya adalah sebagai berikut:
1. Permintaan: bahwa dalam meminta kepada Tuhan hendaknya kita fokus dan konkrit, serta dalam bentuk present tense. Jadi jangan ada kata-kata akan, nanti, dst. Lakukan hal ini dengan khusyuk, yakni ketika kita berada dalam kondisi gelombang otak alfa (alphamatic brain wave). Pada kondisi seperti itu, maka kita terhubung dengan dimensi Ketuhanan sehingga hasilnya pun lebih optimal. Sebagai muslim kondisi alpahametic dapat diperoleh ketika suasana benar-benar hening, misalnya saat2 1/3 malam yang akhir. Maka Allah pun berfirman: Dan pada malam hari, bertahajudkan kepada-Ku, maka kamu akan diangkat ketempat kedudukan yang mulia di sisi-Nya.
2. keyakinan: dalam berdoa kita harus yakin, fokuskan bahwa doa kita pasti di dengar olehnya. Keyakinan letaknya di hati, maka jangan ada sedikitpun rasa ragu. Karena kalau ragu maka keraguan itulah yang akan terkabulkan. Suatu hukum alam menyatakan bahwa kebodohan yang yakin dapat mengalahkan kepintaran yang ragu-ragu. Hal ini pun berlaku pada saat kita berdoa.
3. Penerimaan: bagian ketiga inilah yang paling sulit, karena kita dituntut merasakan sudah menerima apa yang kita minta. Meskipun secara fisik hal itu belum ada. Namun pada dasarnya dalam bentuk imateriil apa yang benar-benar kita minta dengan fokus itu sudah ada, tinggal nunggu saat hal tersebut menjadi padanan fisiknya.

Hukum tarik-menarik (the law of attraction) berlaku di sini, intinya adalah bahwa kita akan menarik apa yang benar-benar kita inginkan dengan fokus.

Gunakan moment Ramadhan ini untuk benar-benar berdoa, memohon kepada-Nya dengan fokus dan hati yang ikhlas. Insya Allah akan terkabulkanlah doa-doa kita. Amin

Tidak ada komentar: